Kamis, 21 Mei 2015

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

 Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah Amerika yaitu Amerika Selatan, Amerika Tengah serta Karibia. Nama ilmiah dari tumbuhan ini adalah annona muricata l serta merupakan tumbuhan dari keluarga annonaceae. Buahnya memiliki rasa asam serta manis dengan dengan warna daginya yaitu putih. Tumbuhan ini banyak adalah tumbuhan sirsak.





 Tumbuhan sirsak memang sudah tidak asing lagi bagi kita karena banyak sekali tumbuh subur hampir disetiap daerah. Buahnya memiliki rasa yang khas sehingga banyak digemari serta banyak sekali dibuat berbagai olahan baik itu untuk minuman ataupun makanan. Tanaman sirsak banyak sekali dimanfaatkan untuk kesehatan baik itu buahnya ataupun daunnya. Pada artikel kali ini yang akan dibahas adalah mengenai manfaat dari daun sirsak bagi kesehatan.


 Daun sirsak memiliki ciri berwarna hijau muda saat masih muda dan berwarna hijau tua ketika daunnya sudah tua dan akan menguning jika akan lepas dari tangkainya kemudian menjadi coklat dan mengering. Daun sirsak sudah dipercaya akan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan sejak zaman dahulu kala antara lain sebagai obat diabetes. Dalam daun sirsak terkandung berbagai kandungan zat yang baik bagi kesehatan tubuh diantaranya lain loreximine, higenamine, minyak esensial, coclaurine, reticuline, annomurine dan acetogenin.

Berikut adalah manfaat yang luar biasa daun sirsak bagi kesehatan tubuh 

1. Obat Diabetes
 Siapkan segenggam daun sirsak kemudian dicuci sampai bersih. Rebuslah daun sirsak tersebut dengan air sebanyak 1000 ml dan biarkan hingga air rebusan daun sirsak tersebut hingga tinggal separuhnya. Angkat, saring dan dinginkan. Minumlah ramuan daun sirsak tersebut setiap hari secara rutin dan teratur agar penyakit diabetes bisa diatasi secara maksimal.

2. Mengatasi Darah Tinggi
 Untuk mengatasi masalah darah tinggi daunsirsak sebanyak segenggam dicuci terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Setelah itu daun sirsak tersebut direbus dengan air sedcukupnya dan biarkan sampai air rebusan daun sirsak tersebut tersisa separuhnya. Kemudian saring dan setelah dingin diminum sehari 2 kali secara rutin.

3. Menjaga Dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
 Sistem kekebalan tubuh sangatlah penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan terlindungi dari serangan berbagai penyakit. Untuk itu minumlah ramuan dari daun sirsak secara rutin dan teratur sehingga sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Rebuslah 5 lembar daun sirsak dengan 5 gelas air sampai air rebusan daun sirsak tersebut tersisa 1 gelas. Setelah itu angkat, saring dan biarkan dingin. Minumlah secara rutin dan teratur ramuan daun sirsak tersebut sehari sekali.

 4. Obat Batuk Ringan
 Jika mengalami batuk ringan jangan bingung mencari obatnya, cukup dengan menggunakan ramuan dari daun sirsak dijamin batuknya akan sembuh. Siapkan daun sirsak beberapa lembar kemudian dicuci bersih. Setelah itu remas-remas daun sirsak tersebut lalu peras dan saring untuk diambil airnya. Minumlah air daun sirsak sebelum makan atau minum saat bangun tidur pada pagi hari.

 Demikianlah Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar