Rabu, 27 Mei 2015

Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak tahu tentang daun salam. Daun salam ini sering dijadikan sebagai pewangi dalam berbagai masakan mulai dari bubur, sambal, acar serta berbagai masakan lainnya. Semua masakan tersebut akan terasa lebih nikmat jika menggunakan daun salam. Pohon salam tumbuh besar serta bisa mencapai sampai ketinggian 20 sampai 30 meter. Sementara itu daun salam sendiri mempunyai ciri yaitu termasuk daun tunggal dengan bentuk daun jorong lonjong. Daun salam ini mempunyai bintik kelenjar minyak yang halus dengan warna hijau saat masih mudah dan berwarna coklat jika sudah kering.

Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan
Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan
 Daun salam (syzygium polyabthum) mempunyai kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, kalori, serat, karbohidrat serta berbagai mineral. Sehingga daun salam selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional berbagai penyakit.

 Berikut Manfaat Serta Cara Meramu Daun Salam Bagi Kesehatan

1. Obat Kencing Manis
 Pada dasarnya semua penyakit bisa diobati. Seperti halnya kencing manis yang sering ditakuti karena dianggap berbahaya bagi kesehatan ternyata bisa diobati menggunakan ramuan dari daun salam. Daun salam ini akan membantu menurunkan penyakit kencing manis secara perlahan-lahan. Cuci bersih daun salam sebanyak 20 lembar. Setelah itu rebuslah daun salam tersebut menggunakan air sebanyak 3 gelas. Biarkan hingga air rebusan daun salam tersebut tersisa 1 gelas. Angkat, saring dan dinginkan kemudian minum secara rutin dan teratur.

2. Obat Darah Tinggi (Hipertensi)
 Daun salam juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi masalah hipertensi atau yang sering disebut dengan darah tinggi. Zat flavonoid serta tannin dalam daun salam mampu menurunkan hipertensi. Rebuslah daun salam sebanyak 20 lembar menggunakan 4 gelas air. Jika air rebusannya tinggal satu gelas, angkat dan saring. Minumlah ramuan daun salam tersebut secara rutin dan teratur hingga darah tingginya sembuh secara maksimal.

3. Mengatasi Penyakit Maag
 Manfaat lain dari daun salam yaitu mampu mengatasi penyakit maag. Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian lambung yaitu karena lambung mengalami peradangan. Untuk mengatasi penyakit maag ambilah daun salam sebanyak 20 lembar kemudian cuci sampai bersih. Kemudian rebuslah daun salam tersebut dengan air secukupnya selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Setelah itu angkat dan saring serta jika sudah hangat atau dingin minumlah ramuan tersebut sampai habis. Lakukan cara pengobatan tersebut secara teratur dan rutin sehingga penyakit maag bisa diatasi.

4. Menjadikan Gigi Putih
 Ingin mempunyai gigi putih berkilau?. Semua pasti jawabnya mau, karena gigi putih membuat seseorang lebih percaya diri dan tentunya tetap sehat. Jika ingin menjadikan gigi putih seperti yang diidamkan, maka tidak perlu repot-repot menggunakan pemutih atau pergi ke Dokter. Cukup menggunakan ramuan dari daun salam secara teratur dan rutin, maka bisa mendapatkan gigi putih. Siapkan daun salam beberapa lembar serta kulit jeruk secukupnya. Setelah itu keringkan kedua bahan tersebut dengan cara dijemur. Setelah dianggap kering tumbuk sampai halus kedua bahan tersebut lalu tambahkan air secukupnya hingga berbentuk seperti pasta. Gunakan pasta daun salam tersebut untuk dijadikan sebagai odol dalam menggososk gigi setiap hari.

 Daun salam selain untuk bumbu masakan, ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk kesehatan. Banyak sekali berbagai masalah kesehatan yang bisa diatasi menggunakan ramuan dari daun salam. Selamat mencoba dan semoga artikel kali ini tentang Manfaat Daun Salam bermanfaat. Kunjungi juga artikel menarik lainnya tentang Manfaat Buah Naga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar