Minggu, 24 Mei 2015

9 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

 Daun sirih memang sudah banyak dimanfaatkan bagi kesehatan sejak zaman dahulu. Orang-orang dahulu memanfaatkan daun sirih untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat dengan cara mengunyahnya yang dicampur dengan gambir dan kapur sirih atau dengan kata lain nyepah. Selain itu juga daun sirih sering direbus untuk menghilangkan bau mulut.

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan
Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

 Seiring perkembangan zaman, daun sirih setelah dilakukan penelitian ternyata mampu menjadi obat yang ampuh untuk berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan. Hal itu dikarenakan dalam daun sirih terkandung berbagai zat yang diperlukan oleh tubuh. Zat –zat yang terkandung dalam daun sirih antara lain minyak atsiri, tannin, fenil propane, favicol, cineole, pati, gula, seskueterpena, diastase, estragol, eavibetol, cadinene, hidroksikavicol, caryophyllene, allylpyrokatekol.


 Berikut Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan 

1. Obat Kanker
 Ambil beberapa lembar daun sirih kemudian cuci sampai bersih. Rebuslah daun sirih tersebut dengan 5 gelas air serta angkat jika air rebusan daun sirih tersebut tersisa 1 gelas. Saring dan jika sudah hangat minumlah air rebusan tersebut 3 kali sehari secara teratur.

2. Menagatasi Kanker
 Siapkan daun sirih 3 lembar, 1 sendok jintan putih, 7 butir kemukus, serta bawang merah 3 siung. Tumbuk halus semua bahan lalu peras dan saring untuk diambil airnya. Minumlah 2 kali sehari ramuan tersebut secara teratur.

3. Mengatasi Bisul Siapkan daun sirih secukupnya lalu cuci bersih. Setelah itu tumbuk sampai halus daun sirih tersebut lalu tempelkan pada bisul secara merata. Balut dan ganti dengan ramuan baru sehari 2 kali sampai bisulnya sembuh.

4. Obat Batuk
 Ambil daun sirih sebanyak 10 lembar dan cuci bersih. Rebuslah daun sirih tersebut dengan air sebanyak 4 gelas. Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa 2 gelas. Angkat, saring lalu diminum secara teratur. Tambahkan madu supaya saat diminum tidak terasa sepet dan pahit.

5. Menyembuhkan Jerawat
 Cuci bersih 10 lembar daun sirih lalu tumbuk sampai benar-benar halus. Setelah itu seduh dengan air panas sebanyak 2 gelas. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka 3 kali sehari secara rutin dan teratur sampai jerawatnya sembuh.

6. Mengatasi Mimisan
 Cuci terlebih dahulu 1 lembar daun sirih. Setelah itu lumatkan sampai halus. Gunakan daun sirih tersebut untuk menyumbat hidung yang mengalami mimisan.

7. Obat Luka Bakar
 Ambil daun sirih beberapa lembar lalu cuci bersih. Setelah itu remas-remas sampai keluar airnya. Tambahkan sedikit madu lalu oleskan pada bagian tubuh yang mengalami luka bakar secara merata.

8. Obat Diare Siapkan daun sirih 6 lembar, 1 sendok minyak kelapa serta lada 6 butir. Semua bahan tersebut dihaluskan dengan cara ditumbuk. Gunakan ramuan tersebut untuk dijadikan obat gosok pada perut.

9. Menyembuhkan Sariawan Ambil daun sirih sebanyak 2 lembar lalu dicuci bersih. Setelah itu kunyahlah daun sirih tersebut beberapa saat dan buang ampasnya. Lakukan beberapa kali atau sampai sariawannya sembuh.

 Demikianlah Manfaat Daun Sirih yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.Kunjungi juga artikel tentang Manfaat Daun Sirsak bagi kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar