Jumat, 24 April 2015

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh, Melancarkan Peredaran Darah, Menyehatkan Jantung, Baik Untuk Diet, Menurnkan Darah Tinggi.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan
 Buah semangka adalah buah yang termasuk kedalam suku cucurbitaceae. Buah semangka ini memiliki nama ilmiah citrulus lanatus yang berasal dari Afrika Selatan. Buah ini tumbuh dengan cara merambat seperti halnya buah mentimun atau sejenisnya. Bunga buah semangka terdiri dari 2 jenis yaitu jantan dan banci. Bunganya sendiri berwarna kuning dengan ukuran sekitar 3 centimeter. Sementara daunnya memiliki bentuk berlekuk pada bagian tepinya. Buah semangka sendiri berwarna hijau dan mempunyai larik. Kulit buah semangka tersebut bertekstur keras dan daging buah semangkanya sendiri pada umumnya berwarna kuning atau merah.

 Buah semangka termasuk kedalam jenis buah yang banyak digemari karena rasanya yang manis serta menyegarkan. Untuk mendapatkan buah semangka tidaklah susah karena banyak dijual baik di pasar, swalayan maupun pinggir jalan. Buah semangka ini selain menyegarkan juga menyimpan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh karena mengandung berbagai zat yang baik bagi kesehatan tubuh. Zat yang terkandung dalam buah semangka antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, Vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, air, kalsium, magnesium, gula, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalium, seng, zat besi, fosfor, energi.

 Berikut Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

1. Melancarkan Sistem Peredaran Darah
 Kandungan arginin dalam buah semangka ternyata mampu melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh karena meningkatkan oksida nitrat. Dengan peningkatan oksida nitrat tersebut aliran darah keseluruh tubuh dapat mengalir secara maksimal.

2. Menjaga Kesehatan jantung
 Jantung begitu vital bagi kesehatan tubuh. Jika jantung mengalami gangguan bisa mengakibatkan hal buruk bahkan berakibat fatal. Buah semangka dapat menjaga kesehatan jantung secara baik. Hal itu dikarenakan dalam buah semangka terkandung berbagai zat yang dibutuhkan tubuh dengan kadar tinggi.

3. Menjaga Kesehatan Kulit
 Manfaat selanjutnya dari buah semangka adalah baik untuk kulit. Berbagai nutrisi terkandung cukup tinggi dalam buah semangka tersebut salah satunya vitamin C. Seperti diketahui bahwa vitamin C sangat baik untuk menjaga agar kulit tetap sehat.

4. Mencegah Kanker
 Buah semangka juga bisa mencegah kanker yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jika mengonsumsi buah semangka secara rutin diyakini akan terhindar dari masalah kanker karena buah semangka mengandung likopen yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah lainnya.

5. Baik Untuk Diet
 Jika kita sedang diet atau menurunkan berat badan maka buah semangka sangat cocok sebagai buah untuk dikonsumsi. Buah semangka ini memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga tidak akan meningkatkan berat badan.

6. Membantu Menurunkan Darah Tinggi
 Untuk menurunkan atau menetralkan darah bisa dengan mengonsumsi buah semangka. Buah semangka ini akan membantu menetralkan darah karena terkandung kalium. Konsumsilah buah semangka baik secara langsung atau dibuat jus secara teratur.

 Cara Pemanfaatan Buah Semangka Bagi Kesehatan

 Untuk mendapatkan manfaat buah semangka bagi kesehatan bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus. Membaut jus buah semangka sangat mudah yaitu ambilah daging buah semangka lalu diblender dan tambahkan air sedikit saja.

 Itulah Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar